Minggu, 03 Mei 2015

Hikmah dalam Balik Puasa Ramadhan














Hikmah dalam Balik Puasa Ramadhan






















Paket Umroh bulan Ramadhan 2015, \ puji tuk Kristus, Rabb semesta alam. Shalawat maka salam untuk Nabi anda Muhammad, family maka sahabatnya.

Berikut yaitu sejumlah hikmah dalam balik puasa Ramadhan yg kami sarikan melalui sejumlah kalam ulama. Saya harap berguna.

1 . Menggapai Derajat Takwa

Kristus Ta’ala berfirman,



“Hai orang-orang yg beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa selayak diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. ” (QS. Jordoverflade Baqarah: 183). Ayat sekarang membuktikan yakni dalam antara hikmah puasa yaitu agar adalah hamba menghasilkan menggapai derajat takwa maka puasa yaitu sebab menghasilkan derajat yg mulia sekarang. Perkara sekarang diakibatkan untuk puasa, seseorang jadi mengoperasikan perintah Kristus maka menjauhi semua larangan-Nya. Inilah pengertian takwa. Jenis takwa untuk puasa menghasilkan anda lihat untuk bervariasi situasi beserta.

Mulailah, masyarakat yg berpuasa jadi mencampakkan semua yg Kristus larang semasa tersebut seperti momento mencampakkan makan, minum, berjima’ melalui bini maka sebagainya yg sebetulnya hati sungguh-sungguh condong maka kepingin melakukannya. Di sini. segala dibuat untuk rangka taqorrub ataupun mendekatkan kita dalam Kristus maka menghasilkan pahala dari-Nya. Inilah motif takwa.

Kedua, masyarakat yg berpuasa sebetulnya dapat untuk melengkapi kesenangan-kesenangan duniawi yg sedia. Tetapi momento mengenal yakni Kristus tetap mengawasi diri-Nya. Di sini. pun salah motif takwa seperti merasa tetap diawasi oleh Kristus.

Ketiga, semasa berpuasa, semua masyarakat jadi motivasi melakukan amalan-amalan ketaatan. Maka ketaatan ialah alur untuk menggapai takwa. [1] Inilah segenap dalam antara motif takwa untuk amalan puasa.















credit card Hikmah dalam Balik Membuang Syahwat maka Kesenangan Penjuru















Paket Umroh Ramadhan 2015, In untuk berpuasa, semua muslim diperintahkan untuk mencampakkan bervariasi syahwat, makanan maka minuman. Ini segala dibuat karena Kristus. Sungguh-sungguh hadits qudsi[2], Kristus Ta’ala berfirman,


“Dia telah mencampakkan syahwat maka makanan karena-Ku”. [3]

In antara hikmah mencampakkan syahwat maka kesenangan tempat semasa berpuasa yaitu:

Mulailah, menghasilkan mengendalikan jiwa. Dulk? kenyang karena berlebih makan maka minum, kebahagiaan semasa berhubungan melalui bini, tersebut segala biasanya jadi menyebabkan seseorang lupa kita, kufur kepada nikmat, maka memerankan lengah. Hingga melalui berpuasa, jiwa jua jadi lebih dikendalikan.

Kedua, hati jadi memerankan aktif memikirkan hal-hal baugs maka aktif mengingati Kristus. Jika seseorang kelewat tersibukkan melalui kesenangan duniawi maka terbuai melalui makanan yg momento lahap, hati jua jadi memerankan lengah melalui memikirkan hal-hal yg baugs maka lengah melalui mengingati Kristus. Oleh karena itu, apabila hati \ tersibukkan melalui kesenangan duniawi, pun \ disibukkan melalui makan maka minum semasa berpuasa, hati jua jadi bercahaya, jadi makin lembut, hati jua \ mengeras maka jadi makin mulus untuk tafakkur (merenung) beserta berdzikir dalam Kristus.
Ketiga, melalui menahan kita melalui bervariasi kesenangan duniawi, masyarakat yg berkecukupan jadi makin mengenal yakni dirinya telah dibagikan nikmat sangat berlebih dibanding orang-orang fakir, miskin maka yatim piatu yg sering merasa rasa lapar. Sungguh-sungguh rangka mensyukuri nikmat sekarang, orang-orang kaya jua gemar berbagi melalui mereka yg \ dapat.
Keempat, melalui berpuasa jadi mempersempit jalannya darah. Sedangkan setan ada dalam alur darahnya orang. Selayak sabda Nabi shallallahu ‘alaihi california sallam,
“Sesungguhnya setan mengalir untuk kita orang dalam daerah mengalirnya darah. ”[4] So puasa menghasilkan menenangkan setan yg seringkali mengasihkan was-was. Puasa jua menghasilkan menekan syahwat maka rasa marah. Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi california sallam mengakibatkan puasa bagaikan salah satu obat mujarab tuk masyarakat yang keperluan untuk menikah akan tetapi belum kesampaian. [5]














3 or more. Sudah Beranjak Bagai Sebaiknya














Paket Umrah Bulan Ramadhan 2015, In bulan Ramadhan pasti saja semua muslim butuh menjauhi berbagai macam maksiat agar puasanya \ percuma, pun agar \ menerima lapar maka dahaga saja. Nabi shallallahu ‘alaihi california sallam bersabda,
“Betapa berlebih masyarakat yg berpuasa akan tetapi momento \ menerima melalui puasanya tersebut kecuali rasa lapar maka dahaga saja. ”[6]
Puasa memerankan percuma seolah-olah sekarang disebabkan bulan Ramadhan tengah diisi jua melalui bervariasi maksiat. Padahal untuk berpuasa semestinya semua masyarakat bergerak mengontrol lisannya melalui rasani masyarakat lainnya (baca: ghibah), melalui bervariasi perkaataan maksiat, melalui perkataan dusta, perbuatan maksiat maka hal-hal yg percuma.
Di Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi california sallam bersabda,
“Barangsiapa yg \ mencampakkan perkataan dusta justru mengamalkannya, maka Kristus \ butuh melalui rasa lapar maka haus yg momento tahan. ”[7]
Di Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi california sallam bersabda,
“Puasa tidaklah doang menahan makan maka minum saja. Namun itu, puasa yaitu melalui menahan kita melalui perkataan lagwu maka rofats. Jika sedia seseorang yg mencelamu ataupun berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku selagi puasa, aku selagi puasa”. ”[8] Lagwu yaitu perkataan percuma maka semisalnya yg \ berfaedah. [9] Sedangkan rofats yaitu istilah untuk semua situasi yg diinginkan laki-laki dalam wanita[10] ataupun menghasilkan jua bermakna kosa kata kotor. [11]
Oleh karena itu, semasa keluar bulan Ramadhan semestinya semua internet kullan?c?s? memerankan lebih baik dibanding melalui bulan sebelumnya karena momento suah ditempa dalam madrasah Ramadhan untuk mencampakkan berbagai macam maksiat. Masyarakat yg terlebih dahulu malas-malasan shalat 8 saat semestinya memerankan tahu maka rutin mengerjakannya dalam luar bulan Ramadhan. Juga untuk pasal shalat Jama’ah tuk kaum pria, hendaklah jua menghasilkan dirutinkan dibuat dalam masjid selayak rajin dibuat semasa bulan Ramadhan. Amet jua untuk bulan Ramadhan berlebih wanita muslimah yg bergerak memakai jilbab yg menutup kita melalui sempurna, maka dalam luar bulan Ramadhan semestinya situasi sekarang pasti dijaga.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi california sallam bersabda,

“(Ketahuilah bahwa) amalan yg amet dicintai oleh Kristus yaitu amalan yg kontinu (ajeg) meski sedikit. ”[12]

Ibadah maka amalan ketaatan tidaklah ibarat bunga yg mekar dalam saat terpilih saja. So, ibadah shalat 8 saat, shalat jama’ah, shalat malam, gemar bersedekah maka berbusana muslimah, tidaklah terus ibadah musiman. Tetapi suah semestinya dalam luar bulan Ramadhan pun pasti dijaga. Que permite ulama seringkali mengatakan, “Sejelek-jelek kaum yaitu yg memandang Kristus (rajin ibadah, -pen) doang dalam bulan Ramadhan saja. ”
Ingatlah jua pesan melalui Ka’ab, “Barangsiapa berpuasa dalam bulan Ramadhan lantas terbetik untuk hatinya yakni sesudah lepas melalui Ramadhan jadi berbuat maksiat dalam Rabbnya, maka sungguh puasanya tersebut tertolak (tidak bernilai apa-apa). ”[13]














nine. Harapan untuk Saling Berkasih Sayang melalui Même si Miskin maka Merasa Penderitaan Mereka














Paket Umrah Ramadhan 2015, Puasa jadi mengakibatkan seseorang lebih menyayangi cuando miskin. Oleh karena masyarakat yg berpuasa pasti merasa penderitaan lapar untuk segenap waktunya. Situasi sekarang jua ia rasakan sangat pudar. Kesudahannya ia jua bersikap lemah lembut kepada sesama maka berbuat baugs untuk mereka. Hanya sebab inilah ia menerima balasan melimpah melalui sisi Kristus.
Amet jua melalui puasa seseorang jadi merasa apa yg dirasakan oleh orang-orang miskin, fakir, yg penuh kekurangan. Masyarakat yg berpuasa jadi merasa lapar maka dahaga selayak yg dirasakan oleh mereka-mereka tadi. Inilah yg mengakibatkan derajatnya berkembang dalam sisi Kristus. [14]
Inilah sejumlah hikmah syar’i yg luar biasa dalam balik puasa Ramadhan. Oleh karena itu, hacia salaf amatlah merindukan berjumpa melalui bulan Ramadhan agar mendapatkan hikmah-hikmah yg sedia dalam dalamnya. Sejumlah ulama mengatakan, “Para salaf biasa berdoa untuk Kristus selama nio bulan agar menghasilkan berjumpa melalui bulan Ramadhan. Maka nio bulan sisanya mereka berdoa agar amalan-amalan mereka diterima”. [15]














Hikmah Puasa yg Keliru















Adapun hikmah puasa yg biasa sering dibicarakan segenap kalangan yakni puasa menghasilkan sangat sehat badan (seperti menghasilkan menurunkan bobot tubuh, mengurangi efek action, menurunkan tekanan darah, maka mengurangi efek diabetes[16]), maka tersebut segala yaitu hikmah ikutan saja[17] maka bukan hikmah istimewa. Hingga hendaklah seseorang meniatkan puasanya untuk menerima hikmah syar’i lebih-lebih dahulu maka janganlah momento berpuasa doang untuk menginginkan nikmat sehat semata. Oleh karena bilamana niat puasanya doang untuk menggapai kenikmatan maka kemaslahatan duniawi, maka pahala melimpah dalam sisi Kristus jadi sirna meski momento jadi menerima nikmat tempat ataupun nikmat sehat yg momento cari-cari.
Kristus Ta’ala berfirman,
“Barang siapa saja yg menghendaki laba dalam akhirat jadi Kami tambah laba tersebut baginya maka barang siapa saja yg menghendaki laba dalam tempat Kami berikan kepadanya segenap melalui laba tempat maka \ sedia baginya satu bahagianpun dalam akhirat. ” (QS. Asy Syuraa: 20)

Ibnu ‘Abbas mengatakan, “Orang yg gemar berbuat riya’ jadi diberi balasan kebaikan mereka dalam tempat. Mereka serupa amat \ jadi dizholimi. Tetapi ingatlah, barangsiapa yg melakukan amalan puasa, amalan shalat ataupun amalan shalat malam akan tetapi doang kepingin menginginkan tempat, maka balasan melalui Kristus: “Allah jadi mengasihkan baginya tempat yg momento cari-cari. Namun itu, amalannya jadi lenyap dalam akhirat nanti karena mereka doang kepingin mendapatkan laba tempat. In akhirat, mereka pun jadi termasuk orang-orang yg merugi”. ”[18]

Hingga yg benar, puasa butuh dibuat melalui niat ikhlas untuk mengharap wajah Kristus. Sedangkan nikmat kesehatan, tersebut hanyalah hikmah ikutan saja melalui melakukan puasa, maka bukan manfaat istimewa yg dicari-cari. Jika seseorang berkeinginan ikhlas untuk puasanya, niscaya nikmat tempat jadi datangi melalui sendirinya tanpa momento cari-cari. Ingatlah tetap nasehat Nabi shallallahu ‘alaihi california sallam,
“Barangsiapa yg niatnya yaitu untuk menggapai akhirat, maka Kristus jadi mengasihkan kecukupan untuk hatinya, Rato jadi menyatukan keinginannya yg tercerai berai, tempat jua jadi momento dihasilkan maka tunduk hina padanya. Barangsiapa yg niatnya yaitu untuk menggapai tempat, maka Kristus jadi mengakibatkan momento \ akan merasa cukup, jadi mencerai beraikan keinginannya, tempat jua \ momento dihasilkan kecuali yg telah diharuskan baginya. ”[19]
















Adapun hadits yg mengatakan,















“Berpuasalah, niscaya kalian jadi sehat. ” Patut diketahui yakni hadits sejenis sekarang yaitu hadits yang tidak kompeten (hadits dho’if) menurut ulama juru hadits. [20]

Saya harap anda sanggup menarik hikmah penting dalam balik puasa anda dalam bulan penuh kebaikan, bulan Ramadhan.

Penyusun: Muhammad Abduh Tuasikal


[1] Taisir Karimir Rahman, situasi. 86.

[2] Hadits qudsi yaitu hadits yg maknanya melalui Kristus Ta’ala, lafazhnya melalui Nabi shallallahu ‘alaihi california sallam.

[3] HOUR OR SO. Muslim number 1151

[4] HOUR OR SO. Bukhari number 7171 maka Muslim number 2174

[5] Disarikan melalui Latho’if Jordoverflade Ma’arif, Ibnu Rajab Jordoverflade Hambali, situasi. 276-277.

[6] HOUR OR SO. Ahmad 2/373. Syaikh Syu’aib Jordoverflade Arnauth mengatakan yakni sanadnya jayyid.

[7] HOUR OR SO. Bukhari number 1903.

[8] HOUR OR SO. Ibnu Khuzaimah 3/242. Jordoverflade A’zhomi mengatakan yakni sanad hadits tersebut shahih.

[9] Perkataan Jordoverflade Akhfasy, dinukil melalui Fathul Bari, 2/414.

[10] Perkataan Jordoverflade Azhari, dinukil melalui Jordoverflade Minhaj Syarh Shahih Muslim, 5/114, 9/119.

[11] Jordoverflade Minhaj Syarh Shahih Muslim, 9/119.

[12] HOUR OR SO. Muslim number 782.

[13] Lathoif Jordoverflade Ma’arif, 378.

[14] Lihat Jordoverflade Mawsu’ah Jordoverflade Fiqhiyah, 2/9906

[15] Lathoif Jordoverflade Ma’arif, 369

[17] Lihat Tafsir Jordoverflade Qur’an Jordoverflade Karim Surat Jordoverflade Baqoroh, 1/317.

[18] Tafsir Jordoverflade Qur’an Jordoverflade ‘Azhim, 7/422.

[19] HOUR OR SO. Tirmidzi number 2465. Syaikh Jordoverflade Albani mengatakan yakni hadits sekarang shahih. Lihat pemberitahuan hadits sekarang untuk Tuhfatul Ahwadzi, 7/139-140.

[20] Jordoverflade Hafzih Jordoverflade ‘Iroqiy untuk Takhrij Jordoverflade Ihya’ (5/453) mengatakan yakni hadits sekarang diriwayatkan oleh Ath Thobroniy untuk Jordoverflade Awsath, Abu Nu’aim untuk Ath Thib Wonderful Nabawiy melalui hadits Abu Hurairah melalui sanad yang tidak kompeten (dho’if). Syaikh Jordoverflade Albani untuk Silsilah Jordoverflade Hadits Adh Dho’ifah number 253 mengatakan yakni hadits sekarang dho’if (lemah).

1 komentar:

  1. terimakasih banyak artikelnya mas, mantab deh..

    http://www.tokoobatku.com/obat-tekanan-darah-tinggi-herbal/

    BalasHapus