Jumat, 13 Maret 2015

Imam Masjidil Haram

Imam Masjidil Haram 


Paket Umroh Bulan April 2015 ,Selama ini ummat Islam Terutama untuk Indonesia cuman mengetahui Imam Masjidil Haram yang masa ini saja, seperti imam Sudaes (Dr Abdurahman Alsudaes),  Imam Juhaini (syeikh Abdullah Awad Al-Juwaini), Imam shuraim(Syeikh Dr Saud Al-shuraim), Iman Maheer (Syeikh Maheer Al-Mueagly) serta masih banyak lagi  imam lainnya.

Kisah Sebelum Tahun 1970


Sebelum tahun 1970 banyak ulama ulama dari Nusantara terlebih dari Indonesia yang bermukim di Makkah dan hadir beberapa di antaranya menjadi Imam Masjidil Haram dan Jadi  Mufti dari (mazhab Safii) Qhadi (hakim) di kota Makkah. Misalnya Syekh Nawawi Al-Bantani, Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, Syekh Ahmad Al-fathani dan masih banyak lagi ulama-ulama bersar lainnya.Umroh Bulan April 2015

Imam Masjidil Haram dari Indonesia



Salah satu di antaranya yang sempat menjadi Imam Masjidil Haram ialah Syekh Nawawi Al-Bantani. Sebutan dan gelar lengkap beliau adalah Abu Abdullah Almu'thi Muhammad Umar Al-Tanari Al-Bantani Al-Jawi. Beliau lahirkan  di sebuah kampung pesisir di desa Tanara Serang Banten pada tahun 1230 H/1815M. Ulama banten yang terkenal pada masa itu Umar bin Arabi merupakan ayah beliau. Syekh Nawawi Al-Bantani merupakan keturunan dari Sunan Gunung jati yang merupakan raja dari kesultanan Banten yang pertama .Umroh  Bulan April 2015


Penuntut Ilmu Yang tekun Dan Ikhlas


Pendidikan agama di dapat dari ayahnya semenjak beliau masih kecil.Beliau juga dikirim belajar untuk menambah ilmu agamnya kepada ulama-ulama besar diantaranya belaiu berguru pada KH.Sahal dan KH.Yusuf di Purwekerto.

Setelah  berumur 15 ayahnya mengantar belaiu untuk belajar di Makkah. Tiga tahun lamanya beliau menuntut ilmu di Tanah Suci dan kemudian beliau kembali ke tanah air. Syekh Nawawi Al-Bantani ketika itu tidak puas melihat situasi negerinya yang masih di jajah kolonial Belanda dan pada akhirnya belaiu kembali ke Makkah untuk melanjutkan pelajaran ilmu agamnya. Beliau termasuk seorang penuntut ilmu yang sangat tekun. Beliau belajar dari ulama-ulama hijaz  yang bermazhab Syafii pada masa itu.

Syekh Akmad khatib Sambas yang menjadi guru beliau sekaligus menjadi Imam Masjidil Haram pada masa itu menyuruh beliau untuk menggantikan posisinya menjadi Imam Masjidil Haram. Semenjak sat itulah beliau mulai menjadi pengajar dan memiliki majelis ilmu sendiri. Murid- murid beliau banyak berdatangan dari berbagai negara yang ingin mempelajari kitab-kitab yang bermazhab Syafii.

Murid murid beliau dari Nusantara adalah Syekh Muhammad Yusuf Al-Kelantani (dari tanah melayu Malysia), KH, Hasim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama/Nu, KH. Ahmad Dahlan merupakan pendiri Muhammadiyah, KH. Zainuddin Abddul Majid beliau merupakan salah satu ulama besar di pulau Lombok sekaligus pendiri Nahdlatul Wathon/NW, Tuan Guru H.Zainuddin Arsyad seorang ulama yang terkenal zuhud  juga dari lombok timur beliau pendiri yayasan Maraqit Ta'limat. Dan banyak lagi murid-murid Syekh Nawawi  Al-Bantaniy ang menjadi ulama besar pada masanya.

Seluruh usia beliau di gunakan untuk belajar dan mengajar dan banyak mengarang kitab. Beliau sangat giat menulis banyak dari tulisa-tulisan beliau yang masi berupa manu skrip tersebar luas kemudian diterbitkan. Ada  sekitar 34 tulisan beliau yang masuk dalam Dictionary of Arabic Printed Books. Karya-karya beliau dari berbagai macam cabang Ilmu ada ratsusan jumlahnya.

Diantara kitab-kitab beliau yang terkenal adalah; kitab Tafsir Marah Labid, Atsimar Al-Yaniah fi Ar-Riyadah Al-Badiyah, Nurazh Sullam, Al-Futuhad Al-Madaniyah, Tafsir Al-Munir, Tangih Al-Qoul, Fath Majid, Sullam Munajah, Nihayah Zein, Salalim Al-Fudhala, Bidayah Al-Hidayah, Al-Ibriz Al-Daani, Bugyah Al-Awwam, Futuhus Samad, dan Al-Aqdu tsamin.

Hasil dari karya-karya beliau ini banyak diterbitkan di negara timur tengah dan kitab beliau juga banyak di ajarkan di madrasah-madrasah maupun di universitas.Kitab-kitab karangan beliau banyak tersebar di negara mesir dan karya beliau juga merupakan  salah satu sumber referensi di Universitaz Al-azhar Kairo Mesir. Umroh Bulan Ramadhan 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar