Kamis, 23 April 2015

Hukum Sujud Dan Melakukan Penyembelihan di Atas Kuburan














Hukum Sujud Dan Melakukan Penyembelihan di Atas Kuburan






















Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015 ,Sujud lalu menyembelih di atas kuburan yaitu jenis pemujaan berhala Jahiliyah, hukumnya syirik akbar. Sebab sujud serta penyembelihan merupakan ibadah, kemudian ibadah tidak boleh diberikan kecuali hanya kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala semata. Barangsiapa memberikannya kepada selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala maka ia termasuk orang musyrik.


















Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu sebuah sungai di syurga






















Paket Umroh Ramadhan 2015 ,Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yg maksudnya: “Katakanlah: Sebetulnya shalatku, sembelihanku, hidupku serta matiku hanyalah tuk Alloh, Rabb semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya serta demikian itu-lah yang diperintahkan kepadaku serta aku yaitu orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala).” (QS: Al-Anam: 162-163). Dan yang artinya:  “Sebetulnya Kami telah memberi kepadamu sebuah sungai di syurga, maka dirikanlah shalat hal ini karena Rabbmu dan berkorbanlah (untuk-Nya).” (QS: Al-Kautsar: 1-2).

















berkorban dengan menyembelih di sisinya.






















Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015 ,Dan selain ayat-ayat di atas, masih banyak ayat-ayat yang memperlihatkan bahwa sebenarnya sujud serta penyembelihan termasuk ibadah, dan melaksanakannya tuk selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala adalah syirik akbar. Tidak diragukan lagi, sebenarnya manfaat seseorang hadir ke kuburan untuk melakukan sujud di atasnya serta penyembelihan di sisinya yaitu demi mengagungi dan memuliakannya dgn sujud di atasnya lalu berkorban dgn menyembelih di sisinya.
















Alloh melaknat orang yang melindungi pelaku bid'ah


















Paket Umroh Ramadhan 2015 ,Imam Muslim meriwayatkan di dalam hadits yang panjang di Bab “Haramnya menyembelih tuk selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala  serta orang yang mengerjakannya terlaknat”- dari Ali bin Abi Thalib berkata, yg maksudnya: “Rasululloh Shalallahu ‘alaihi wassalam telah mengabarkan saya akan empat kalimat; Alloh melaknat orang yang menyembelih tuk selain Alloh; Alloh melaknat orang yang melaknat ibu bapaknya; Alloh melaknat orang yang melindungi pelaku bidah; serta Alloh melaknat orang yang merubah tanda-tanda di atas bumi.”


















Seseorang bernazar untuk menyembelih seekor unta di Bawanah























Dan Abu Daud meriwayatkan di dalam kitab Sunannya dari jalur Tsabit ban Ad Dhahak ia berkata, yang artinya: Seseorang bernazar tuk menyembelih seekor unta di Bawanah, maka Rasululloh Shalallahu ‘alaihi wassalam bertanya jawab: “Apakah di situ (dahulu) terdapat berhala dari berhala-berhala orang jahiliyah yang diibadati?” Mereka berkata: Tidak. Lalu Beliau berdiskusi lagi: “Apa dulu di situ terdapat perayaan dari perayaan mereka?” Mereka berkata: Tidak. Maka Rasululloh bersabda: “Penuhilah nazarmu, sebenarnya tidak ada jenis pembayaran pun tuk nazar maksiat kepada Allah, dan nazar pada apa yang dimiliki oleh orang lain.”












 perbuatan terlaknat

















Oleh sebab itu berkaitan yang disebutkan tadi membuktikan bahwa orang yang menyembelih tuk selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala merupakan perbuatan terlaknat,. Dan hadits juga menampakkan bahwa haramnya menyembelih di suatu tempat, hal mana di tempat itu diagungi (tempat pengagungan) selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala  contohnya berhala, kuburan, ataupun area dimana di tempat itu berkumpulnya orang-orang jahiliyah (orang yang membuat syirik), dan mereka merayakan serta mendatanginya, walaupun mereka meniatkan perbuatan itu lillah hal ini karena Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

Semoga Alloh Subhanahu wa Ta’ala melimpahkan salawat serta salam atas Nabi kita Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam dan keluarga beliau dan para sahabatnya sekalian.

(Sumber Fatwa: Lembaga Tetap Pengkajian Ilmiyah dan Fatwa KSA, diterjemahkan oleh Abu Abdillah dengan sedikit perubahan redaksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar