Minggu, 19 April 2015

Hari Istimewa Hari Kebangkitan Itu Pasti









Hari Istimewa Hari Kebangkitan Itu Pasti

















Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015 ,Sebenarnya di antara ajaran Rasullulloh Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam yg ditentang dengan mayoritas rakyat Jahiliyah merupakan tentang kebangkitan dari kubur. Mereka menganggap mustahil orang hidup lagi sesudah tubuhnya hancur kemudian melebur dengan tanah.
Allah Subhanahu wa Ta’ala mengisahkan hal diatas dalam firmanNya, yg maksudnya: “Lalu jika (ada sesuatu) yg kamu herankan, jadi yg wajib mengherankan adalah ucapan mereka, ‘Apabila kami telah jadi tanah, apa-kah kami sebetulnya akan (dikembalikan) jadi makhluk yg baru?’ Orang-orang itulah yg kafir pada Tuhannya; kemudian orang-orang itulah (yg dilekatkan) belenggu di leher-nya; mereka itulah penghuni Neraka, mereka kekal di dalamnya.” (QS: Ar-Ra’d: 5). (Lihat juga; Al-Mu’minun: 82-83; Qaaf: 3; As-Sajdah: 10)

Al-Qur’an telah meyakinkan hadirnya ba’ts (kebangkitan) beserta sanggahan atas orang-orang yg mengingkarinya dgn metode yg hebat kemudian jitu, hingga memaksa nalar sehat tuk menerimanya kemudian tunduk kepadanya. Pada umumnya metode itu bisa disaksikan, diindera dan difahami oleh akal secara nyata.















Paling tidak, di dalam Al-Qur’an ada empat macam metode pembuktian adanya kebangkitan.














Paket Umroh Ramadhan 2015
Metode Pertama:
Ber-istidlal (pembuktian) dgn penciptaan langit kemudian bumi serta benda-benda yg agung yg jadi saksi atas kesempurnaan ciptaan Alloh Subhanahu wa Ta’ala serta bukti atas kekuasaan Alloh Subhanahu wa Ta’ala yg absolut; sebuah perkara yg mengharuskan ke-Mahakuasaan Alloh Subhanahu wa Ta’ala atas perkara yg lebih kecil dari itu. Alloh Subhanahu wa Ta’ala menerangkan hal ini, yg maksudnya: “Dan apa mereka tdk memperhatikan bahwasanya Alloh yg menciptakan langit kemudian bumi adalah kuasa (pula) menciptakan yg serupa dgn mereka, dan telah menetapkan waktu yg terpilih bagi mereka yg tidak ada keraguan padanya? Maka orang-orang zhalim itu tdk menghendaki kecuali kekafiran.” (QS: Al-Isra': 99).















Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia



















Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015 ,“Dan apa mereka tdk memperhatikan yakni senyatanya Alloh yg menciptakan langit kemudian bumi serta Dia tdk merasakan payah karena menciptakannya, kuasa menghidupkan orang-orang mati? Ya (malahan) sebenarnya Dia Mahakuasa atas segenap sesuatu.” (QS: Al-Ahqaf: 33).
“Sebetulnya penciptaan langit serta bumi lebih besar daripada penciptaan manusia, tetapi pada umumnya orang tidak mengetahui.” (QS: Ghafir: 57).












Ber-istidlal 

















Paket Umroh Ramadhan 2015 ,Kemudian masih banyak lagi ayat-ayat yg menjelaskan tentang hal ini, semuanya menjelaskan yakni menciptakan orang dan membangkitkan sesudah mati merupakan lebih mudah serta lebih ringan daripada menciptakan makhluk-makhluk raksasa ini. Padahal keseluruhan itu kecil bagi Alloh Subhanahu wa Ta’ala.
Metode Kedua:
Ber-istidlal akan munculnya ba’ts dgn penciptaan manusia perdana kali, oleh dikarenakan siapa saja yg dapat menciptakan orang persis bisa mengembalikannya tuk kedua kalinya. Kepastian sebagaimana ini berlimpah terdapat di dalam Al-Qur’an, layaknya firman Alloh Subhanahu wa Ta’ala, yg maksudnya: “Hai manusia, jika anda di dalam kesangsian mengenai kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sebenarnya Kami sudah menyebabkan kalian dari tanah, lalu dari setetes mani, lalu dari segumpal darah, lalu dari segumpal daging yg sempurna kejadiannya serta yg tdk sempurna, biar Kami jelaskan pada anda serta Kami tetapkan di dalam rahim, apa yg Kami kehendaki hingga masa yg telah ditentukan, lalu Kami keluarkan kamu sebagai bayi, lalu (dengan berangsur-angsur) sampailah kamu pada kedewasaan, dan di antara kamu ada yg diwafatkan serta (ada pula) di antara anda yg dipanjangkan usianya hingga pikun, agar dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang dahulunya sudah diketahuinya.” (QS: Al-Hajj: 5).
















Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan















 “Setelah itu Dialah yg menciptakan (manusia) dari permulaan, lalu memunculkan kembali (menghi-dupkan)-nya lagi, serta menghidupkan lagi itu ialah lebih enteng bagi-Nya. Serta bagiNyalah sifat yg Mahatinggi di langit dan di bumi; dan Dialah Yg Mahaperkasa pula Mahabijaksana.” (QS: Ar-Ruum: 27)
Pada ayat-ayat yg kami kemukakan di atas juga dalam ayat-ayat lain yg serupa terdapat teguran yg menggugah orang-orang yg ingkar agar hendak melihat serta merenungi dirinya sendiri; dari mana pertama kali ia diciptakan, juga biar merenungi masa-masa yg telah ia lewati tiap tahapan yg kerap bertentangan dgn yg sebelumnya. Maka, yg bisa mengadakan manusia –dari tidak ada– niscaya Dia tidak akan kesusahan mengembalikannya sekali lagi, kebalikannya hal itu lebih mudah dari menciptakannya pertama kali. Perbedaan ini bila diukur dgn akal dan kerutinan manusia. Sedangkan berdasarkan Alloh Subhanahu wa Ta’ala, maka tidak ada sesuatu yg lebih mudah dari yang lain, semuanya gampang bagiNya.

















hari kebangkitan sesudah mati dengan menghidupkan bumi sesudah matinya
















Metode Ketiga:
Alloh Subhanahu wa Ta’ala menegakkan dalil hadirnya hari kebangkitan sesudah mati dgn menghidupkan bumi sesudah matinya, misalnya yg terdapat di dalam ayat, yg artinya: “Dan Dialah yg meniupkan angin selaku pembawa kabar gembira sebelum kedatangan rahmatNya (hujan), hingga bilamana angin itu telah membawa awan, Kami halau ke suatu kawasan yg tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dgn sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan, semacam itulah Kami membangkitkan orang-orang mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.” (QS: Al-A’raf: 57). (Lihat juga Al-Hajj: 5; Az-Zukhruf: 11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar